Kamus Data

Kamus data adalah suatu daftar data elemen yang terorganisir dengan definisi yang tetap dan sesuai dengan sistem, sehingga pengguna dan analis sistem mempunyai pengertian yang sama tentang input, output dan komponen data store.
Kamus data adalah referensi terkait dengan data (metadata). Salah satu tujuan penting dari kamus data adalah untuk menjaga konsistensi data, misalnya untuk jenis kelamin L untuk pria dan W untuk wanita, sehingga aturan ini berlaku untuk semua aplikasi yang berinteraksi dengan sistem.
Kamus data digunakan untuk validasi kelengkapan dan keakuratan dari DFD, pembuatan logic untuk proses pada DFD, sebagai titik awal untuk pembuatan screen dan report dan untuk menentukan struktur penyimpanan maupun XML.
Kamus data juga dapat berfungsi sebagai berikut:
  1. Menjelaskan arti aliran data dan penyimpanan data dalam DFD.
  2. Mendeskripsikan komposisi paket data yang bergerak melalui aliran. ( misal: nama dapat diuraikan menjadi nama depan dan nama belakang).
  3. Mendeskripsikan komposisi penyimpanan data.
  4. Mendeskripsikan hubungan detail antar media penyimpanan.
  5. Menyajikan spesifikasi nilai dan satuan yang relevan bagi media penyimpanan dan aliran.
HUBUNGAN DFD DENGAN KAMUS DATA

Kamus data dibuat dengan memperhatikan dan menggambarkan muatan alur data, simpanan data dan proses-proses pada DFD. Setiap simpanan data dan alur data bisa ditetapkan dan kemudian diperluas sampai mencakup detail elemen yang dimuatnya. Logika dari setiap proses ini bisa digambarkan dengan menggunakan data yang mengalir menuju dan keluar dari proses tersebut.



Data Flow Dictionary Entry menerangkan setiap data flow pada DFD dan hanya berisi ringkasan data serta menerangkan alur yang mengidentifikasikan dari mana alur itu berasal dan kemana alur itu menuju.
Sedangkan Data Store Dictionary Entry menerangkan setiap data store yang unik pada DFD. Jika data store yang sama muncul lebih dari sekali, maka bentuk tunggal yang digunakan. Tujuannya adalah untuk menghubungkan summary description dari Data Flow dan Data Store Dictionary Entry ke deskripsi detail dari Data Element Dictionary Entry.


 Data element Dictionary Entry menyediakan dasar untuk skema basis data. Tujuannya untuk men-standarkan deskripsi suatu elemen sehingga elemen itu direferensikan dengan cara yang sama setiap kali digunakan.

 Elemen data dapat didefinisikan sebagai berikut ini:
  1. Menguraikan arti dari alur data dan data store dalam DFD.
  2. Menguraikan komposisi paket data pada alur data ke dalam alur yang lebih kecil. (contoh: alamat yang terdiri dari nama jalan, kota dan kode pos).
  3. Menguraikan komposisi paket data dalam data store.
  4. Menspesifikasikan nilai dan unit informasi dalam alur data dan data store.
  5. Menguraikan hubungan yang terinci antara data store dalam suatu ERD.
NOTASI KAMUS DATA
Terdapat beberapa macam notasi dalam kamus data:
 Data Store Dictionary Entry dianggap sebagai file basis data, sedangkan Data Structure Dictionary dianggap sebagai Record dan Data Element Dictionary Entry dianggap sebagai Field.
Contoh dari notasi kamus data:

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTURE ANALYSIS DAN DESIGN TECHNIQUE (SADT)

ANALISIS SISTEM